Bisnis  

4 Strategi Pemasaran Online Untuk Ukm Dengan Pemanfaatan Berbagai Platform

20220409 033756

strategi pemasaran online untuk ukm: Pemasaran Digital benar-benar mengubah cara perusahaan memperjuangkan perhatian audiens dalam beberapa tahun terakhir.

Berinvestasi dalam pemasaran online untuk bisnis kecil bersifat demokratis dan memberikan banyak manfaat.

Dengan alat yang tepat, kamu dapat membuat strategi berbiaya rendah yang hanya membutuhkan tim kecil untuk bekerja, dan mendapatkan hasil yang besar dalam jangkauan dan kesadaran.

Namun, jika mempromosikan merek di internet itu mudah, itu juga berarti ada banyak persaingan.

Strategi Pemasaran Online Untuk Ukm

Perkembangan di dunia bisnis yang semakin maju, membuat semakin besar penduduk di Indonesia mencoba keberuntungan dengan melakukan sebuah usaha kecil-kecilan, atau bisa dikenal sebagai Usaha Kecil Menengah (UKM).

Melalui UKM ini, para pelaku bisnis diharapkan untuk dapat lebih kreatif, dimulai dari menciptakan sebuah produk hingga sampai memasarkan produk tersebut.

Agar bisnis atau usaha kamu berjalan baik, diperlukan adanya sebuah strategi pemasaran produk yang efektif dan ampuh. Salah satunya adalah dengan menggunakan strategi pemasaran online untuk UKM.

Sebelum kamu mengetahui bagaimana caranya untuk menjalankan strategi marketing online, ada baiknya kamu mengerti dulu tentang definisi strategi marketing online itu apa.

Strategi marketing online merupakan salah satu cara bagaimana memasarkan sebuah produk atau jasa dimana penjualnya melakukan melalui dunia Maya atau internet.

Biasanya strategi pemasaran nya dalam UKM lebih cenderung dibuat dan dijalankan secara spontan, tidak fokus dan seadanya saja.

Dengan melakukan pemasaran produk secara online, jangkauan yang kamu lakukan akan semakin tambah luas dan tidak terbatas bahkan konsumen dapat dengan mudah dapat menemukan produk yang kamu jual.

Berikut Strategi Pemasaran Online Untuk Ukm

Semakin banyak pebisnis dengan brand yang menarik juga menggunakan fitur-fitur seperti SEO (Search Engine Optimization), AdWords, dan berbagai jenis media sosial.

Didalam dunia pemasaran online terdapat juga perangkat intelijen yang sangatlah penting untuk menentukan sebuah posisi (Standing Point) di pasar kamu.

Salah satunya adalah google alerts yang tugasnya untuk mengungkapkan startegi pemasaran dan produk terbaru kompetitor kamu.

1. Kenali Traffic Market Pelanggan Kamu

Berkat adanya internet, permasalahan seperti batas geografis tidak lagi menjadi masalah bagi pemasaran dan bisnis.

Platform serba online memungkinkan UKM untuk berinteraksi dengan pasar yang lebih luas dan besar, yang konon sulit untuk di jangkau dengan menggunakan metode tradisional.

Kamu bisa menggunakan berbagai software baik yang berbasis akuntansi maupun manajemen untuk membantu kiat pemasaran online kamu.

Dengan berbagai fitur yang ditawarkan, kamu bisa mengolah data traffic market kamu secara otomatis untuk terhubung dengan orang-orang yang kemungkinan besar akan menjadi pelanggan setia kamu.

2. Raih Review Positif

Calon pelanggan akan mempelajari bisnis kamu melalui berbagai review yang tertinggal di akun media kamu ataupun situ web.

Ataupun bisnis kamu bisa masuk di platform review seperti google place, dan lainnya sehingga calon pelanggan tidak akan sulit menemukan dan memberi review terhadap bisnis kamu.

3. Maksimalkan Peran Customer

Kiat pemasaran online juga akan meningkatkan jasa customer kamu. Terlibat lebih baik dengan pelanggan atau Klien denga fitur chat online jelas akan memberikan user experience.

Semakin kamu kreatif dan fleksibel, maka jangan kaget apabila pelanggan kamu datang berbondong-bondong untuk membeli produk bisnis kamu.

4. Manfaatkan Dari Situs Web

Mendapatkan pelanggan yang baru sangat penting bagi kamu untuk meningkatkan profitabilitas dan pendapatan penjualan bisnis kamu.

Kiat strategi pemasaran online UKM kamu untuk menunjang pencapaian tujuan tersebut dengan mudah melalui media sosial, situs web, dan atau kanal YouTube.

Iklan yang dimunculkan secara online adalah jenis Word of Mouth yang baru, konsumen yang datang di situs web atau akun media sosial kamu dapat meninggalkan komentar atau review yang tentunya akan memengaruhi konsumen lain yang mengunjungi situs kamu.

Akhir kata

Dari penjelasan-penjelasan di atas tentang startegi pemasaran online untuk UKM, semoga sedikit penjelasan tersebut bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin mencoba nya.

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *